A man is a success,
if he gets up in the morning,
and gets to bed at night,
and in between...
he does what he wants to do.
Bob Dylan.

a bunch of this and that

Januari 23, 2010

saigon: second day

so, this is the second day. saigon rocks!

lagi-lagi bangun pagi, demi mengejar jadwal ke cu chi tunnel. kali ini, kami pake guide yang beda dari kemarin. namanya uncle kung. orangnya cukup friendly, menyenangkan, ramah, dan banyak cerita yang menarik.

sayangnya, saya tertidur pulas saat perjalanan ke cu chi tunnel. akibat dari kurang tidur.

menurut cerita teman-teman, uncle kung sempat bercerita soal sejarah vietnam, cu chi tunnel, dan beberapa trivia menarik lainnya. malahan dia sempat membuat kuis berhadiah segala! siapa pun yang bisa menjawab pertanyaannya, bakal dapat hadiah USD 5 dari dia. sayang, dari 3 pertanyaan soal sejarah vietnam, gak ada satupun dari kami yang sukses menjawab dgn benar.

sampai di cu chi tunnel, kami langsung memakai lotion anti nyamuk di sekujur badan. gak ada satupun yang terlewat. karena menurut uncle kung, di daerah sini masih banyak nyamuk malaria. siapa juga yang mau bawa oleh oleh penyakit malaria kerumah?

ternyata, cu chi tunnel ini terbilang masih hutan banget. meskipun di beberapa spot terlihat udah ada sentuhan modern rapih.

uncle kung mulai ngejelasin satu demi satu pelosok cu chi. tentang gimana vietkong bersembunyi di bawah tanah selama bertahun tahun. gimana caranya vietkong membuat jebakan yang kuno, tapi super efisien.

di beberapa spot, tentunya rombongan bebek nggak melewatkan foto-foto. sempat ada kejadian lucu di salah satu lubang. lika gak bisa keluar dari lubang itu! sampai akhirnya harus dibantu naik oleh yg lainnya.

di cu chi, tentunya harus nyoba masuk ke tunnel yang dibikin oleh viekong. pertama, nyoba yang replika dulu. tunnel yang ukurannya udah diperbesar, supaya semua orang bisa masuk. tapi ternyata, masih sempit banget! sampai harus jalan jongkok supaya bisa maju ke depan.

sempit, gelap, sesak, lelah, membuat saya memutuskan untuk keluar di exit pertama. sementara erick dan agung keluar di exit kedua, dan sisanya berhasil menuntaskan tunnel yang lumayan panjang itu.

belum puas, rombongan bebek mencoba masuk ke tunnel yang orisinil. dengan ukuran yang pastinya lebih sempit. saya, lika, erick, dan reza memutuskan untuk nggak ikutan masuk. bersama uncle kung, kami menunggu di pintu keluar aja.

setelahnya, kami menuju ke lapangan tembak. disana kami bisa menembak, dengan membayar per peluru. berhubung duit dong kami udah hampir habis, jadi gak ada yan mencoba menembak sama sekali! hahaha!

capek dari cu chi, kami memutuskan untuk kembali ke hotel. istirahat sebentar demi mengembalikan tenaga. kami sempat berjacuzzi sebentar. supaya rileks. sebelum malamnya kami pergi lagi ke ben thanh market! another shopping session!

in the mood for:
- blur: parklife
- john mayer: battle studies
- she and him: volume 1


- Posted using BlogPress from my iPhone

Tidak ada komentar: